top of page

Sejarah Singkat Perkembangan Komputer


Sejarah perkembangan komputer tidak dapat terlepas dari perkembangan proses menghitung yang telah lama dikenal manusia sejak ratusan tahun lalu. Pada jaman primitif, manusia menghitung dan mencatat benda dan harta kekayaannya dengan menggunakan coretan, simbol/ lambang hingga alat hitung yang paling tua yaitu ABACUS atau yang biasa kita sebut sempoa dan sekarang digunakan alat hitung kalkulator serta komputer. Dari perkembangan tersebut maka komputer dapat dikelompokkan berdasarkan generasi antara lain :

1. Komputer generasi pertama (1946 – 1959)

Walaupun Komputer sebelum tahun 1946 sudah elektronik, tetapi tidak dikelompokan sebagai komputer generasi pertama. Karena yang termasuk komputer generasi pertama ini adalah komputer elektronik yang mengunakan konsep stored-program (operasi komputer dikontrol oleh program yang disimpan di memori komputer, hanya tiap-tiap instruksi dibacakan ke komputer, sedangkan program adalah kumpulan dari instruksi).

2. Komputer generasi kedua (1959 – 1964)

Komputer pada generasi kedua ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

a. Komponen yang digunakan adalah Transistor.

b. Bahasa pemrograman yang digunakan bahasa tingkat tinggi (high level language) seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL (The Algorithmic Language).

c. Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan dari magnetic core storage, dapat meyimpan puluhan ribu karakter. d. Terdapat 2 (dua) simpanan memori yang digunakan untuk penyimpanan data yaitu : Magnetic Disk, Magnetic Tape. Ukuran fisik komputer lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama.

3. Komputer generasi ketiga (1964 – 1970)

Komputer generasi ketiga mempunyai ciri – ciri sebagai berikut :

a. Komponen yang digunakan adalah Integrated Circuit (IC), yang berbentuk hybrid integrated circuits dan monolithic integrated circuits.

b. Peningkatan dari softwarenya.

c. Lebih cepat dan lebih tepat. Kecepatannya hampir 10000 kali dari komputer generasi pertama. Ukuran kecepatannya adalah microsecond (jutaan operasi perdetik), bahkan sampai nanoseconds (milyard operasi perdetik). d. Penggunaan listrik lebih hemat dari generasi komputer sebelumnya.

e. Dalam pengolahan datanya dikenal istilah Multiprocessing, yaitu dapat memproses sejumlah data dari sumber – sumber yang berbeda pada waktu bersamaan dan Multiprogramming, yaitu dapat mengerjakan beberapa program sekaligus.

4. Komputer generasi ke empat (sejak tahun 1970)

Sejak dari generasi ketiga, orang sulit membayangkan komputer generasi selanjutnya, karena sudah banyak sekali perkembangan-perkembangan yang telah terjadi yang sebelumnya belum terpikirkan. Tetapi sejak tahun 1970, ada dua perkembangan yang kemudian dianggap sebagai komputer generasi keempat, yaitu :

a. Penggunaan Large Scale Integration (LSI) disebut juga dengan nama Bipolar Large Scale Itegration. LSI merupakan pemadatan beribu- ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian-rangkaian terpadu (integrated circuit). LSI kemudian dikembangan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration).

b. Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer (internal memory), sedang komputer generasi sebelumnya masih menggunakan magnetic core storage. Pada masa inilah perusahaan komputer Apple memperkenalkan produk yang diberi nama Apple Macintosh pada tahun 1984. Komputer ini menjadi komputer yang terkenal karena sangat mudah digunakan (user friendly). Kemudahan dari komputer ini karena menggunakan konsep GUI (Graphical User Interface). Konsep GUI menggunakan interface WIMP (Windows, Icons, Menu and Pointing devices), yaitu menggunakan sistem windows dengan pointing devices (misalnya mouse) untuk memilih pilihan yang ada di menu – menu pilihan dan dalam bentuk icon.

5. Komputer generasi kelima (sejak tahun 1990)

Dalam perkembangannya komputer generasi kelima mulai digunakan komputer yang bukan saja berorientasi pada kapasitas penyimpanan dan kecepatan dalam memproses data, tetapi dikembangkan menjadi komputer yang antara lain: Dapat menerjemahkan bahasa manusia, Dalam hal ini manusia dapat bercakap- cakap langsung dengan komputer. Penghematan energi komputer. Dapat melakukan diagnosa penyakit lebih akurat Dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan seperti yang dikerjakan oleh manusia yang kemudian dikenal dengan istilah Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegent), yaitu suatu komputer yang mempunyai kemampuan berpikir dan bertingkah laku seperti manusia (komputer-komputer robotika).

6. Komputer generasi masa kini Tahun 2000

Merupakan era baru dunia komputer karena pada era ini perkembangan di dunia komputer begitu pesat. Untuk menjaga eksistensinya sebagai Operating System terbaik, windows meluncurkan Windows 2000 sebagai penerus Windows NT. Pada tahun ini juga meluncurkan Windows ME sebagai versi terakhir Windows 95. Pada tahun 2001 windows XP mulai di perkenalkan dan tahun 2003 Microsoft meluncurkan windows server 2003. Untuk saat ini Windows XP masih menjadi favorit pemakai komputer. walaupun pada tahun 2007 microsoft berhasil meluncurkan Windows vista yang di lengkapi fitur 3D. Namun keindahan ini harus dibayar mahal dengan kebutuhan spesifikasi komputer yang sangat tinggi. Sehingga masyarakat tertentu saja yang memakai Vista.

7. Komputer generasi masa depan

Komputer generasi ini merupakan komputer yang saat ini masih dalam tahap pengembangan. Sehingga untuk komputer generasi ini belum dapat dipastikan bentuknya akan seperti apa. Tapi ada beberapa gambaran yang dapat ditemukan tentang komputer generasi ini. Komputer generasi terbaru ini menghasilkan teknologi komputer yang canggih dan mempunyai kemampuan untuk mengarsiteki biochip. Biochip ini terbuat dari bahan protein sintetis yang kelak akan menjadi manusia tiruan.

Featured Posts
Recent Posts
Search By Category
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Classic
  • Twitter Classic
  • Google Classic

Translate this page :

bottom of page